Home > Achievement > ...

Grand Final Duta Genre Tingkat Kota Balikpapan

Balikpapan ( 18/02/19) Hallo SNIPers ! Gimana Kegiatan kalian di Weekend minggu kemarin ? pasti asik ya …  Apa jangan - jangan Cuma di rumah aja nih hehehe  Oiya bagi kalian yang malam minggu ke Balikpapan Ocean Square pasti tau kan ada acara apa ?

Jadi gini guys, pada Sabtu 16 Februari 2019 Acara Grand Final Duta Genre diadakan. Acara ini merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menentukan siapa yang pantas menjadi Duta Genre tahun 2019 dan menjadi figur motivator atau bisa menjadi Role Model bagi Remaja khususnya Kota Balikpapan, agar bisa memberikan pengetahuan remaja mengenai GenRe dan pembentukan karakter remaja agar memiliki jiwa revolusi mental serta mempersiapkan diri menghadapi bonus demografi dan mengurangi permasalahan remaja.

Apa itu Genre ? Genre yang dimaksud disini bukan Genre musik loh ya. Genre itu Singkatan dari Generasi Berencana, merupakan suatu Program yang di wujudkan oleh BKKBN (Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional) untuk menjadikan Generasi muda yang sehat cerdas dan ceria dengan menolak Pernikahan Dini, Seks Bebas dan penyalahgunaan Napza. Genre juga di harapkan dapat menjadikan remaja sebagai generasi emas yang dimana Indonesia akan mendapatkan Bonus Demografi pada tahun 2045. Namun bukan itu saja, tapi GenRe merupakan tempat berkumpulnya Remaja yang mempunyai tekad dan tujuan untuk Merubah Pola pikir Serta Karakter remaja ke arah yg lebih baik,Tujuan Khusus Forum GenRe Adalah untuk Mengkoordinasikan Semua Pik Remaja yg ada di lingkup daerah Forum tersebut.

Acara Grand final diadakan di Balikpapan Ocean Square sabtu malam, acara ini memiliki tema “ Kalau Terencana semua akan lebih mudah “. Kegiatan di mulai pukul 20.00 dimana para juri memperkenalkan diri yang di lanjutkan Dengan Menyanyikan lagu Indonesia raya dan Hymne Balikpapan.

Beberapa kegiatan yang di lakukan oleh peserta yaitu : Tarian pembukaan, perkenalan diri , Opening Number dan penyebutan 10 besar Finalis, setelah itu mereka menjawab pertanyaan - pertanyaan khusus yang telah di persiapkan oleh juri.

Total calon duta yang berada di grand final ini adalah 34 dengan 17 laki – laki dan 17 perempuan yang berasal dari berbagai SMA / SMK di Balikpapan. Sebelum mendapatkan 34 besar, awalnya seluruh peserta yang mendaftar ada 54 orang. mereka harus tersingkir saat dilakukan Seleksi pada 14 – 16 Februari 2019, penilaian yang di lakukan oleh juri yaitu terhadap Video Profile, Poster Program dan Presentasi Poster. Untuk Grand Final penilaian dilakukan pada Jawaban para peserta atas pertanyaan yang diberikan. Juri yang melakukan penilaian pada Grand Final adalah

1.       Bapak RIO dari Himsi

2.       Bapak Iqbal dari Radio Idola.

3.      Ibu Linda dari Universitas Mulia

Banyak dukungan langsung dari siswa SMA/SMK di Balikpapan yang datang untuk memeriahkan dan memberikan semangat untuk setiap calon duta dari masing – masing sekolah.

Merupakan sebuah kebanggan bagi SMKN 1 Balikpapan karena Juara Duta Genre tahun 2019 di dapatkan oleh, Nanda Try A juara 1 ( Putri ), Ruddyansyah juara 1 ( Putra), Dimas Bagas juara harapan 1 ( Putra) dan Angellica Juara harapan 3 (Putri)

"karena saya adalah ketua PIK R SMK 1 BALIKPAPAN dan saya juga anggota dari Yayasan Genre Indonesia Provinsi Kalimantan Timur dan sudah  berada di GenRe selama 5 tahun dari SMP, jadi dengan pengalaman tersebut saya ingin membentuk forum yang benar - benar bermanfaat bagi Remaja Khususnya dan Masyarakat pada umumnya “ ucap Ruddyansyah saat ditanyakan tentang alasan mengikuti Genre.

Mereka semua adalah Siswa – Siswi SMKN 1 yang hebat dan berprestasi. Semoga Setahun menjabat seumur hidup menginspirasi akan tertanam pada diri mereka agar dapat terus memberikan contoh baik dan juga inspirasi terhadap remaja – remaja yang lain.

“Saya senang dengan Acara kemarin walaupun sederhana dapat berjalan dengan baik, banyak yang mensupport kami memberikan dukungan, jujur ini acara besar pertama saya, senang dan duka kami jalani bersama, kami banyak belajar dan pengalaman yang sangat luar biasa. Acara kami memang banyak kekurangan tapi dari acara ini saya ingin memperlihatkan GenRe itu ada di kota Balikpapan.  Saya tidak ingin acara ini sampai disini saja,saya ingin sahabat sahabat GenRe lainnya meneruskannya dalam arti terus menyebarluaskan Virus GenRe dimanapun dan Kapanpun, karena ilmu GenRe ini sangat bermanfaat tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga orang lain bahkan untuk Indonesia. Salam GenRe! ?” Pesan dan kesan Annisa Dwi selaku ketua panitia

 

 

 

Jurnalis (Vrc)

 

Ditulis oleh :

Nathanael Gordon Tanu