Home > My School > ...

MPLS 2023

Haii SNIPerss 👋

Pada tanggal 10 - 13 Juli SMK Negeri 1 Balikpapan telah melaksanakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). MPLS dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 11 - 13 Juli. Tanggal 10 Juli adalah kegiatan Pra MPLS. Pada saat Pra MPLS, kepala sekolah dan guru-guru memberikan materi mengenai kebijakan dan peraturan yang ada di sekolah. Pihak sekolah dan panitia melibatkan bapak-bapak pelatih dari pihak Koramil 0905/BPP.



MPLS Day 1 diawali dengan upacara pembukaan. Setelah itu, dilanjut dengan kegiatan jam komandan latihan yang diikuti oleh seluruh peserta MPLS. Adapun beberapa kegiatan lainnya yang dilakukan oleh peserta pada hari pertama antara lain Peraturan Baris Berbaris (PBB), wawasan kebangsaan, dan peraturan penghormatan. Kegiatan tersebut dilakukan secara bergantian tiap jurusan.



MPLS Day 2 diawali dengan apel pagi dan senam. Narasumber apel pagi adalah dari pihak Koramil gabungan. Pada MPLS Day 2, para siswa dan siswi diperintahkan untuk membawa bekal untuk kegiatan makan bersama yang dilakukan pada siang hari. Setelah dari apel pagi, kegiatan selanjutnya antara lain adalah kedisiplinan, kedisiplinan lapangan, kepemimpinan lapangan, tata upacara sipil, dan diakhiri dengan praktik upacara sipil.



MPLS Day 3 diawali dengan senam pagi. Setelah selesai melaksanakan senam di lapangan, para siswa diarahkan untuk menuju ke bengkel masing² di tiap jurusannya. Pada saat di bengkel, para siswa dijelaskan sedikit mengenai apa saja yang ada di bengkel jurusan serta sedikit materi dari pihak bengkel masing-masing. Setelah dari kunjungan bengkel, para siswa dan siswi kembali diarahkan menuju ke Aula SMK Negeri 1 Balikpapan. Agenda selanjutnya adalah pengenalan ekstrakurikuler yang ada di SMK Negeri 1 Balikpapan. Siswa dan siswi diwajibkan untuk mendaftar ekstrakurikuler. MPLS Day 3 diakhiri dengan upacara penutupan MPLS.



Harapan kedepannya setelah dilaksanakannya MPLS ini yaitu agar para siswa baru dapat meningkatkan kedisiplinan dan dapat beranjak dari kebiasaan-kebiasaan buruk di SMP menjadi lebih baik di SMK Negeri 1 Balikpapan ini. Sikap dan akhlak terhadap guru dan teman juga lebih dijaga di kemudian hari. "Saya sangat senang dengan kegiatan ini, dan alhamdulillah kerja sama dengan pihak Koramil 0905/BPP ini saya harap lebih terjamin kedepannya untuk meningkatkan kedisiplinan pada lulusan sekolah ini nanti." Ucap Pak Yusvanto, S.Pd.



#snipbisa

#snip2023

#newsinsmakenza

Ditulis oleh :

Fauziyah Syifa Az-zahra A.F

Desainer :

Fatika Rizki Syahada