Home > My School > ...

MPLS SISWA BARU SMKN 1

Balikpapan ( 19/07/19) Hallo SNIPers !

Selamat kembali ke sekolah Guys, masa liburan udah habis nih... Gimana liburan kalian pasti seru bukan ? 

Pelepasan dan Penerimaan siswa selalu di laksanakan di setiap tahun, SMKN 1 dengan jumlah siswa yang sangat banyak akan selalu mempersiapkan serangkaian kegiatan untuk menyambut hal tersebut. Pada 15 Juli kemarin SMKN 1 mengadakan MPLS ( Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ) pada seluruh peserta didik baru yang telah di terima. MPLS adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh siswa baru yang bertujuan untuk melatih kedisiplinan,mental, dan ikatan persaudaraan.

Pihak – pihak yang berperan dalam jalannya kegiatan  ini adalah Dewan guru, Anggota OSIS dan juga Personil TNI Dodikjur Rindam VI Mulawarman. Banyak rangkaian kegiatan yang di lakukan.

Sebagian besar di titik beratkan pada kedisiplinan siswa, tentang wawasan kebangsaan, LKBB dan tata upacara Sipil. Total 672 Peserta MPLS dibagi menjadi 3 Kompi. Kegiatan dilaksanakan di lingkungan sekolah khususnya di Aula dan Lapangan Upacara. Selama 3 hari para siswa di arahkan langsung oleh Personil TNI.

 

Seluruh peserta MPLS wajib memenuhi kewajiban mereka setiap hari, seperti perlengkapan tanda pengenal, seragam, perlengkapan ibadah, dan bekal makanan serta bagi putra yang wajib mencukur rambut sesuai ketetuan yang berlaku. Anggota Osis lah yang  siap untuk selalu mengawasi para siswa baru. Di hari terakhir MPLS juga diadakan acara Pengenalan ekstrakulikuler, event ini bertujuan untuk memperkenalkan seluruh Ekskul yang ada di SMKN 1 agar siswa baru bisa memilih Ekskul mereka sesuai minat. Hampir seluruh Ekskul yang ada di SMKN 1 tampil untuk presentasi maupun unjuk gigi agar menarik perhatian Peserta MPLS. Mereka sangat antusias menikmati kegiatan tersebut. 

 

 

Upacara Penutupan MPLS di laksanakan pada hari ke tiga kegiatan, yaitu saat acara pengenalan ekskul selesai. Setelah itu peserta MPLS  dapat langsung mendaftarkan diri untuk mengikuti Ekstrakulikuler yang di inginkan.  “untuk tahun ini kesannya hampir sama dengan tahun sebelumnya, yaitu Dengan melibatkan TNI Dodikjur Rindam VI Mulawarman, jadi aura kedisiplinan dan kemandirian di buat sangat kental. Pesan saya untuk peserta MPLS mereka harus mengingat dan meningkatkan apa yang telah di ajarkan oleh staf pengajar dari Dodikjur tentang kedisiplinan.” Ujar Bapak Yusvanto selaku Ketua Panitia MPLS.

 

 

Jurnal SNIP (Vrc/Adl)

Ditulis oleh :

Nathanael Gordon Tanu