Home > My School > ...

Penyembelihan Hewan Kurban di SMK Negeri 1 Balikpapan

Haiii SNIPerss!


Hari Raya Idul Adha 1443 H jatuh pada 10 Juli 2022, SMK Negeri 1 Balikpapan juga ikut andil dalam merayakannya. Total ada 8 ekor sapi yang disembelih, 8 ekor tersebut terdiri dari 6 ekor kurban kolektif dari Bapak/Ibu guru, karyawan serta alumni SMK Negeri 1 Balikpapan, satu ekor kurban dari infak siswa/i SMK Negeri 1 Balikpapan, dan 1 ekor milik SMK Persada Bhakti yang ikut menyembelih hewan kurbannya di SMK negeri 1 Balikpapan. Penyembelihan dilakukan di lapangan basket sebelah aula SMK Negeri 1 Balikpapan.


 


kemudian 8 ekor sapi tersebut disembelih satu persatu lalu daging, lemak, tulang, kulit, serta kotoran sapi dipisahkan oleh panitia yang bertugas. Sementara ada pula panitia yang bertugas memotong dan menimbang daging hewan kurban untuk dibagikan. Untuk pembagian daging hewan kurban menggunakan kupon yang telah dibagikan sebelumnya. Penyembelihan tersebut selesai kurang lebih pukul 14.00. ketua panitia dari kegiatan penyembelihan hewan kurban sendiri yaitu Bapak Tenes Widoyo, M.Pd.



 Tujuan diadakannya penyembelihan hewan kurban sendiri ialah untuk meningkatkan tali silaturahmi antara guru, karyawan dan siswa/i SMK Negeri 1 Balikpapan. Selain itu penyembelihan hewan kurban juga bertujuan untuk mengingatkan kita pada peristiwa nabi Ibrahim yang bersedia mengurbankan putranya Nabi Ismail sebagai wujud Nabi Ibrahim yang patuh kepada Allah SWT tetapi sebelum Nabi Ibrahim mengorbankan putranya Allah mengganti Nabi Ismail dengan seekor domba.


“Kesan dan pesan saya selama kegiatan penyembelihan hewan kurban sendiri ialah yang pertama pastinya saya merasa bersyukur, Alhamdulillah banget telah diberikan kepercayaan untuk menjadi panitia penyembelihan hewan kurban di hari raya Idul Adha untuk pesan dari saya sendiri sih semoga warga SMK negeri 1 Balikpapan selalu solid dan selalu menjaga tali silaturahmi yang telah dijalin selama ini dan mudah-mudahan di hari raya idul Adha di tahun yang akan datang hewan kurbannya bisa lebih banyak dari tahun ini.” Kesan dan pesan Muhammad Syahril Haq dari kelas 12 WR selaku panitia penyembelihan hewan kurban.


Tags :

Idul AdhaPenyembelihan KurbanSMK Negeri 1 Balikpapan

Ditulis oleh :

Dhea Yulia Ananda