Home > My School > ...

Smakenza Peduli Masyarakat

   Hello SNIPers!!! Ada yang tau ngak nih, apa itu Smakenza Peduli Masyarakat? Smakenza Peduli Masyarakat adalah salah satu wujud bahwa, SMKN 1 Balikpapan itu peduli bukan hanya kepada siswa/i, bukan hanya kepada guru dan karyawan saja, tetapi juga kepada masyarakat.

   Pada kali ini Smakenza Peduli Masyarakat beraksi membantu membuat rumah Pak Lahidu, yang kebetulan merupakan warga SMKN 1 Balikpapan. Warga yang tinggal dikampung sebelah sekolah, dan bekerja di SMKN 1 Balikpapan sebagai petugas kebersihan. Kenapa yaa, Smakenza Peduli Masyarakat memilih beliau untuk dibantu? Karena Pak Lahidu merupakan orang bingung ingin berbuat bagaimana, hal itulah yang menyebabkan beliau tidak bisa membangun rumah sendiri. Apalagi kejadian musibah kebakaran yang menimpa beliau 30 bulan yang lalu, Smakenza Peduli Masyarakat menangkap, memahami, sehingga kamilah yang bergerak bersama dari satu sekolah.

   Penggerak dari Smakenza Peduli Masyarakat terdiri dari, Pak Pardiya, S.Pd sebagai Wakasarana, Pak Sugiyono sebagai Kepala TU (Tata Usaha), dan Pak Mujadi, S.Pd, M.Pd sebagai Kepala SMKN 1 Balikapapan. Beliaulah yang bergerak mewujudkan rumah sederhana yang layak huni, dengan dana diperkirakan mencapai Rp.35 Juta rupiah.

   Proses kegiatan dimulai dari penggalangan dana, itu dilakukan pada saat rapat management dan rapat guru secara keseluruhan. Dana awal dari Pak Lahidu hanya mempunyai uang Rp.6 Juta rupiah, sisanya Smakenza Peduli Masyarakat yang bergerak mencari dana untuk mencukupi pembangunan rumah tersebut. Setelah dana terkumpul, lalu digunakan untuk pembelian material dan langsung dikirim ke lokasi. Setelah itu dicarikan tukang, untuk membangun rumah sederhan yang layak huni. 

   Yang berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah seluruh warga SMKN 1 Balikpapan secara gotong royong, ada yang menyumbang dalam bentuk material dan juga ada yang menyumbang dalam bentuk dana. Dari dana yang terkumpul itu, digunakan untuk membiayai semua kegiatan. 

   " Saya merasa dia adalah saudara kami, saudara saya, saudara kita, dan dia kesusahan kita harus ikut berfikir secara keseluruhan. Jadi kalo kita melihat dia tidak akan bisa, maka kita gerak. SMAKENZA BERSAMA, Rumah Insya Allah Jadi, semoga semuanya sehat selalu." Kesan dan Pesan dari Bapak Pardiya, S.Pd selaku ketua tim Smakenza Peduli Masyarakat.

Jurnalis KHL/ADT

 

 

 

Ditulis oleh :

Nathanael Gordon Tanu