Home > Event > ...

Sosialisasi Empat Pilar MPR RI

Balikpapan(26/01/2019) Hallo SNIPers! Hari ini Sabtu, 26 Januari 2019 diadakan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang bertempat di Cafe This way, Jl MT Haryono No 51 Balikpapan kota. Kalian tau gak sih apa itu Empat Pilar MPR RI? Mungkin sebagian dari kalian tidak mengetahui hal ini. Empat pilar MPR RI itu merujuk pada Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

 

Sosialisasi ini di mulai pada pukul 10.00 pagi yang dihadiri oleh berbagai kalangan, kebanyakan merupakan seorang pelajar / Mahasiswa dengan Narasumber langsung yaitu DR.IR. Hetifah Sjaifudian, MPP yang merupakan wakil ketua komisi X DPR RI dan anggota MPR RI.

Tujuan dilakukannya sosialisasi ini adalah agar antara anggota MPR dengan masyarakat khususnya generasi muda mendapatkan kesempatan untuk berdialog tentang hal-hal yang mendasar bagi kepentingan bangsa, sosialisasi ini dilakukan dengan cara yang santai tapi mendalam.

Selain membahas Empat Pilar tersebut, ada  3 hal penting yang juga di bahas oleh Narasumber yaitu

1.            Tentang Proses, tantangan dan perubahan dalam bertugas Sebagai anggota MPR dan DPR

2.            Tentang perjalanan Konstitusi Negara Indonesia dalam 4 kali perubahannya

3.            Dan tentang pendidikan di Indonesia

Dalam sosialisasi ini para peserta yang memiliki pertanyaan mengenai suatu hal atau masalah dapat langsung bertanya kepada Ibu Hetifah pada saat sesi Tanya jawab, hal ini juga menjadi sebuah aspirasi masyarakat Balikpapan yang didengarkan langsung oleh Ibu Hetifah sebagai anggota DPR dan MPR dengan harapan dapat di tuntaskan di tingkat Pemerintah Pusat.

“Harapan saya dari diadakan sosialisasi ini, semoga bisa membuka wawasan teman-teman maupun wawasan kami, kami pun juga perlu mendapat umpan balik dari masyarakat tentang situasi terkini sejauh mana nilai-nilai empat pilar ini terwujud dalam kehidupan sehari hari.” Ucap Ibu Hetifah

Sosialisasi seperti ini sering dilakukan karena hal ini merupakan kewajiban yang diamanatkan oleh UUD bahwa anggota MPR, DPR, dan DPD RI wajib ikut mensosialisasikan sehingga nilai nilai empat pilar ini bisa tersebar luas, namun sekarang sudah terbentuk Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIB) yang mungkin lebih profesional dalam menciptakan metode pembelajaran yang sesuai dengan semua kalangan.

Kegiatan sosialisasi ini diakhiri dengan makan siang dan foto bareng Bersama Ibu Hetifah.

 


“Kesan saya terhadap sosialisasi ini adalah bagus sekali, karena banyak sekali pertanyaan yang kritis, yang hadir pun dari berbagai kalangan, baik dari siswa, mahasiswa, dan ibu ibu, semuanya ingin memberikan suatu masukan, kesan, pesan, maupun pertanyaan-pertanyaan bagaimana dunia kebijakan dan politik serta bagaimana demokrasi di indonesia bisa di wujudkan.”ucap Ibu Dr. Ir. Hetifah Sjaifudian, MPP (Wakil Ketua Komisi X DPR RI).

 

JurnalisSNIP(Vrc/Agt)

Ditulis oleh :

Nathanael Gordon Tanu