Home > Event > ...

Sosialisasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan

Hai hai SNIPers, pada hari Rabu tanggal 28 Agustus. Dilaksanakan kegiatan LISBANGPOL yang bertempatkan di Lobby SMK Negeri 1 Balikpapan. Jadi isi dari kegiatan ini tuh sosialisasi pendidikan wawasan kebangsaan, agar 4 nilai konsensus tidak hilang dalam diri para penerus bangsa yaitu kita-kita ini.

Jadi 4 nilai konsensus itu adalah Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Jadi keempat nilai itulah yang harus ditanamkan dan dipertahankan dalam diri kita agar Indonesia tidak terpecah belah.

Kegiatan ini tidak hanya kali ini saja dilaksanakan, tapi setiap tahun dilaksanakan sejak pusat pendidikan kebangsaan atau PPWK terbentuk. Untuk tahun kemaren dilaksanakan di tingkat SMP, sekarang di tingkat SMA atau SMK dan untuk tahun depan Insyaallah di perguruan tinggi.

Gak hanya di Balikpapan aja nih sosialisasinya dilaksanakan, tetapi di seluruh daerah di Indonesia juga. Untuk para peserta kegiatannya ini diambil dari perwakilan masing-masing kelas, baik itu yang kelas 11 maupun yang kelas 10.

Pemateri yang ada di kegiatan ini ada Bapak Riduwan, S.Pd dan Mas Ismail Ali Sakti, S.Pd. Walaupun kegiatan sosialisasi, tetapi penyampaian materinya seru nih jadi gak bosen kita yang mendengarkan. Apa lagi ada sesi tanya jawab, yang seperti biasanya yang bertanya akan mendapat hadiah.

“Alhamdulillah ini suatu momen yang cukup baik menurut saya di SMK Negeri 1 ini, suatu modal dasar yang kuat karena seluruh faslitas juga sudah ada dan dari tingkat kurikulumnya memenuhi syarat. Tempatnya juga bagus, signifikan dan terbaik di Kaltim. Saya berharap dengan pendidikan wawasan kebangsaan ini kami ingin ada semacam duta-duta kebangsaan di SMK Negeri 1 ini, yang nanti bisa membantu kami dari pemerintah untuk mewujudkan pendidikan wawasan kebangsaan.” Kesan dan pesan perwakilan dari LISBANGPOL.

Jurnalis (ALD/INA)

Ditulis oleh :

Nathanael Gordon Tanu