Home > Other > ...

Aksi Demo Yang Melibatkan Mahasiswa Indonesia

Aksi Demo Yang Melibatkan Mahasiswa Indonesia

Hallo SNIPers!!!.

Seperti yang kalian tau, negara Indonesia saat ini sedang mengalami masa-masa yang sulit. Hal itu dikarenakan oleh Ombnibus Law Cipta Kerja. Undang-undang tersebut menjadi sebuah peraturan baru yang di yakini akan merugikan masyarakat. Dan oleh karna itu, memicu aksi demo massal oleh para masyarakat termasuk mahasiswa.

Di bawah ini merupakan beberapa aksi demo yang melibatkan mahasiswa indonesia:

1.Peristiwa Pelengseran Soeharto
      Peristiwa ini terjadi pada bulan Mei 1998, dikarenakan mahasiswa Universitas Indonesia melakukan aksi demo untuk menyatakan penolakan terhadap pidato pertanggung jawaban presiden yang disampaikan pada Sidang Umum MPR.


2. Tolak RUU KUHP, September 2019
      Nah kalau yang ini terjadi pada bulan September 2019, dikarenakan oleh aksi demo dari berbagai mahasiswa Indonesia dan masyarakat sebagai penolakan terhadap Rancangan Undang-Undang Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RUU KUHP).


3.Tolak Omnibus Law
       Nah kalau yang ini baru-baru saja terjadi pada bulan ini Oktober 2020, dikarenakan oleh disahkannya  Omnibus Law Cipta Kerja yang diyakini lebih memprioritaskan investor daripada pekerja dan akhirnya memicu aksi demo Mahasiswa dan buruh Indonesia.

Sebagai masyarakat yang baik ketika mengikuti aksi ataupun sedang menonton saja kita tetap harus tetap mengikuti protokol kesehatan, tidak merusak property umum, dan tetap melakukan aksi dalam batas yang wajar. (IQB)

Ditulis oleh :

Nathanael Gordon Tanu