Home > Other > ...

Fakta Menarik Tentang Buah Pisang dan Strawberry

  Haii SNIPers!!! Kalian pasti tidak asing kan, dengan buah pisang dan strawberry. Kalian udah pada tahu belum, bahwa buah pisang termasuk ke dalam keluarga berry-berryan. Tetapi, buah strawberry tidak termasuk loh, kok bisa sih??? Pasti SNIPers pada bingung kan?? Dari pada bingung, yuk kita bahas lebih lanjut tentang keluarga berry-berryan.

  Dikutip dari https://www.tagar.id/ternyata-pisang-bukan-buah-ini-penjelasannya. Pisang atau dalam bahasa latinnya Musa Sapientum, ternyata termasuk ke dalam keluarga berry-berryan. Hal ini dikarenakan, buah pisang memiliki biji yang sangat kecil berupa titik-titik hitam yang terdapat di tengah daging pisang. Bahkan pada saat kita memakannya pun kita tidak menyadari, bahwa terdapat biji pada buah tersebut. Selama ini, banyak orang berfikir bahwa pohon pisang sepenuhnya adalah “pohon”. Sebenarnya, pohon pisang tidak termasuk kedalam kriteria pohon, dikarenakan tidak adanya serat kayu pada pohon pisang. Karena hal tersebut, secara teknis botanis pisang termasuk ke dalam keluarga berry-berryan.

  Tidak hanya pisang saja yang temasuk dalam keluarga berry-berryan. Sebenarnya, kita sudah sering kali melihat jenis buah lainnya yang termasuk dalam keluarga berry-berryan loh. Contohnya adalah buah alpukat, semangka, timun, dan terong. Tetapi, buah strawberry yang selama ini banyak dianggap keluarga berry-berryan, ternyata tidak termasuk di dalam keluarga berry-berryan loh.

 

   Strawberry berasal dari kata Inggris kuno, yaitu streowberie atau straewbalige. Walau terdapat kata berry, tidak menjadikan buah strawberry termasuk ke dalam keluarga berry-berryan. Tapi ternyata, buah strawberry tergolong dalam spesies rosoidae yakni keluarga dari bunga mawar. Jadi, buah strawberry tidak termasuk dalam keluarga berry-berryan ya SNIPers. 

Jurnalis KHL

Ditulis oleh :

Nathanael Gordon Tanu