Home > Other > ...

Tips-Tips Public Speaking

 

Halo SNIPers!!!

Perlu diketahui kemampuan public speaking merupakan salah satu kemampuan yang akan berguna bagi siapapun di perusahaan mana pun.

Kali ini SNIP akan membagikan sebuah tips sederhana agar public speaking kamu menjadi lebih mudah.

Pertama, jangan langsung berbicara saat baru tampil ke depan

Cobalah untuk diam sejenak kemudian tarik nafas sebelum berbicara. Disaat itu lah kamu akan merasakan suasana yang hening. Setelah itu kamu bisa mengontrol diri dan menyapa penonton dengan baik.

Kedua, jaga kontak mata dengan audience

Usahakan kontak mata tidak beralih dari satu sisi ke sisi lain, melainkan coba untuk menahan pandangan lebih lama. Cara ini akan efektif untuk menghilangkan rasa gugup dan membuat kamu menjadi lebih fokus.

Ketiga, bicara perlahan

Orang gugup akan berbicara terlalu cepat ataupun gagap dan akhirnya melewati poin-poin penting yang ingin disampaikan. Cobalah untuk berbicara perlahan dengan artikulasi yang jelas. Berhenti berbicara sejenak untuk Tarik nafas jika terlalu gugup, dan lanjutkan kembali pembicaraanmu.

Keempat, fokus untuk memberi bukan meminta

Ketika kita melakukan public speaking, kita harus mampu memberikan nilai baru dan inspirasi, bukan hanya berbicara demi mendapatkan ketenaran dan pengikut. Karna itu kamu bisa menunjukkan perasaan dan emosi saat melakukan public speaking untuk membuatmu lebih terlihat meyakinkan.

Kelima, cuek dengan haters

Tak perlu menghiraukan kritik yang tidak membangun, dan fokuslah pada mereka yang memberikan kesan positif agar kamu bisa lebih percaya diri dan tenang saat melakukan public speaking.

Itulah beberapa tips yang bisa disampaikan dan semoga berguna untuk kamu. (ERM)

 

 

Ditulis oleh :

Nathanael Gordon Tanu