Home > Other > ...

Wabah Virus Corona

Halo-halo SNIPersss, kalian tau gak, akhir-akhir ini publik sedang diguncangkan dengan menyebarnya wabah virus yang berawal mula dari kota Wuhan, China, yaitu virus corona. Tahukan kalian apa itu virus corona?


virus corona ditularkan oleh ular kepada manusia. Pada umumnya, coronavirus dikenal sebagai Coronavirus Sindrom pernapasan Timur Tengah (MERS-CoV) dan Coronavirus Sindrom pernapasan akut (SARS-Cov) yang keduanya diketahui menyebabkan gejala yang lebih parah.

Gejala virus korona ditandai dengan adanya penyakit biasa seperti batuk, pilek, flu, gangguan pernapasan, demam tinggi, badan yang mudah lelah dan letih, juga sakit pada tenggorokan.

Hingga hari ini (Kamis 30 Januari 2020) kurang lebih sekitar 170 orang telah meninggal akibat virus ini, dan sebanyak 4.500 orang dari 18 negara telah positif terpapar wabah virus corona ini.

Sebagai catatan, hingga saat ini belum ada obat ataupun vaksin untuk menangani virus corona yang berasal dari Wuhan ini. Namun, kabar baiknya menyatakan sebanyak kurang lebih 65 orang dinyatakan sembuh dari virus berbahaya ini. Bukan karena obat atau vaksin yang sudah ditemukan, melainkan dari sistem kekebalan tubuh mereka yang cukup kuat untuk melawan virus tersebut.

Sebagai antisipasi untuk pencegahan telah banyak dilakukan hal berikut :

1. Sering mencuci tangan menggunakan sabun.
2. Gunakan masker jika sedang bepergian atau keluar rumah ( terutama yang mengidap batuk pilek).
3. Tidak mengonsumsi daging yang kurang masak apalagi mentah.
4. Mengonsumsi makanan bergizi terutama sayur dan buah-buahan.
5. Rajin berolahraga dan istirahat yang cukup.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan ya SNIPerss!!

Jurnalis (Alf)

Ditulis oleh :

Nathanael Gordon Tanu